Pages

Thursday, October 5, 2017

BAHAYA BEGADANG BAGI KESEHATAN OTAK dan TUBUH



Bahaya begadang sepanjang malam seharusnya menjadi perhatian bagi kita. Idelanya, tidur malam dilakukan selama delapan jam tiap hari. Tubuh memerlukan tidur yang memadai untuk menyegarkan fikiran, memperbaiki metabolisme dan fungsi organ tubuh lainnya. Sehingga dengan tidur yang cukup, tubuh akan lebih fresh dan stamina akan dipulihkan. 12 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Otak Dan Tubuh Ketika tidur malam,
semua toksin dibuang dari dalam tubuh oleh organ hati. Ketika seseorang begadang sepanjang malam, proses pembersihan racun oleh hati akan terhambat. Kebiasaan begadang dapat memicu risiko penyakit jantung, hingga meningkat sebesar 48 persen. Demikian juga penyakit lainnya seperti hipertensi, serangan stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Alasan Kebiasaan Begadang sepanjang malam Banyak orang mengemukakan alasan kenapa harus begadang hingga larut malam.
Secara terpaksa atau tidak, inilah beberapa penyebab kebiasaan begadang : Sulit Tidur Insomnia dapat disebabkan oleh masalah psikologis ataupun akibat penyakit tertentu.

HINDARI PENGGUNAAN ANTI DEPRESAN

TANPA KONSULTASI DENGAN DOKTER

Cobalah mengatasi insomnia dengan obat alami. Kerja shift kerja shift dapat mengacaukan pola tidur anda. Aktifitas ini akan menurunkan daya tahan tubuh. Kerja lembur bagi seorang pekerja atau pebisnis yang sibuk, sering terpaksa tidur larut malam untuk menyelesaikan pekerjaan karena dikejar deadline. Fikiran mereka, jika tidak segera diselesaikan tentu akan menumpuk keesokan harinya. Kebiasaan ini menyebabkan otak dipaksa untuk terus bekerja. Jet lag adalah kondisi mabuk pasca terbang menggunakan pesawat. Efeknya dapat berlangsung selama beberapa hari. Cobalah memilih alat transportasi lain, jika anda mengalami masalah ini. Gaya hidup yang tidak sehat kebiasaan buruk seperti nongkrong di cafe, hangout, dan lainnya sering membuat seseorang lupa waktu. Tanpa disadari, mereka begadang sampai larut malam dan sedikit tidur. Bahaya begadang bagi kesehatan otak dan tubuh :
1.Kadar Gula Darah Naik Gula Digunakan Oleh Hati Dalam Proses Detoksifikasi. Kekurangan tidur akan menurunkan kemampuan sel lemak untuk menanggapi insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah. Penelitian oleh women’s hospital menemukan bahwa tidur malam kurang dari 5 jam dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2.
2.Imunitas Menurun Tidur Dibutuhkan Untuk Memulihkan Stamina Dan Kebugaran, Memperbaiki Sel-Sel Tubuh, Dan Membuang Racun Dari Dalam Tubuh. Tanpa tidur yang cukup, maka imunitas tubuh akan menurun sehingga mudah terserang penyakit ringan seperti flu, batuk, demam, meriang, dan lainnya. Kekebalan tubuh yang rendah berakibat naiknya risiko penyakit kardiovaskular, gangguan ginjal, dan sebagainya.
3.Daya Ingat Menurun Otak Menyimpan Berbagai Memori Jangka Panjang Dan Diproses Ketika Tidur. Kekurangan tidur akibat begadang akan melemahkan kemampuan daya ingat.
4.   Kelelahan Organ Tubuh Yang Seharusnya Beristirahat, Tetapi Dipaksa Untuk Terus Bekerja. Tentu saja tubuh mengalami kelelahan.
5. Sakit Kepala Kurang Tidur Pada Jangka Panjang Dapat Merusak Sel-Sel Otak, Sehingga Dapat Berakibat Sakit Kepala, Atau Pusing.
6.   Insomnia Orang Yang Punya Kebiasaan Begadang Akan Sulit Untuk Tidur Lebih Awal, Karena Tubuh Telah Terbiasa Tidur Hingga Larut Malam.
7.   Menurunkan Fertilitas Wanita Yang Sering Begadang Dapat Berisiko Mengalami Penurunan Pada Kualitas Ovum Dan Sekresi Hormon.
8. Risiko Kanker Tidur Malam Yang Terlalu Singkat Dapat Mengganggu Produksi Hormon Melatonin. Hormon ini berperan dalam melawan kanker prostat, parkinson, dan sebagainya. Melatonin juga mendukung aktifitas antioksidan, dalam melawan zat-zat karsinogenik penyebab kanker.
9.   Penyakit Jantung Dan Stroke Tidur Malam Yang Kurang Dari 6 Jam Dan Dilakukan Secara Terus-Menerus, Dapat Mengakibatkan Arteri Meradang Yang Pada Akhirnya Memicu Penumpukan Plak Pada Yang Pembuluh Darah. Kondisi ini lebih rentan terhadap serangan jantung dan stroke.
10.Anemia metabolisme dalam tubuh yang terganggu akibat begadang dapat berakibat produksi sel darah merah tidak berjalan dengan baik.
11.Stres Dan Depresi Bukan Hanya Buruk Bagi Kesehatan Fisik, Begadang Ternyata Juga Dapat Mengganggu Psikologis Seseorang. Sering begadang mengakibatkan mudah gelisah dan tersinggung.
12.Mengganggu Kesehatan Kulit Begadang Sepanjang Malam Menyebabkan Hormon Kortisol Dilepaskan Dalam Jumlah Banyak. Produksi kortisol yang berlebihan akan memecah kolagen kulit, sehingga menurunkan elastisitas dan kehalusan kulit. Itulah bahaya kebiasaan begadang bagi kesehatan otak dan tubuh. Kurangi kebiasaan buruk ini secara bertahap sampai hilang dari diri anda. Artikel sebelumnya: alasan kenapa harus tidur 8 jam setiap hari. Pola hidup sehat akan membuat hidup lebih berkualitas dan tubuh lebih bugar dan cantik.

SILAKAN BAGIKAN, JIKA ARTIKEL INI BERMANFAAT !!! TERIMA KASIH