Pages

Thursday, October 5, 2017

MENCEGAH ASMA DAN PANTANGANNYA



Asma bukanlah penyakit menular, namun dapat menyerang siapa saja tanpa memilih usia. Upaya pencegahan terhadap asma bertujuan untuk mencegah penyakit ini tidak kambuh lagi. Serangan asma mampu mengakibatkan sesak nafas hebat, warna kulit menjadi kebiru-biruan, dan pingsan. Asma sering disebabkan oleh alergi. Penyakit ini dibagi menjadi dua
yaitu asma ekstrinsik, yang akan kambuh jika terjadi alergi akibat paparan serbuk, bulu binatang, udara dingin, jamur, dan sebagainya. Jenis lainnya adalah asma intrinsik, yang dapat dipicu oleh stres atau emosi yang labil. Infeksi oleh virus juga sering menjadi penyebabnya. Faktor Penyebab Asma Faktor keturunan (genetik) Jika terdapat riwayat penyakit asma dalam silsilah keluarga Anda, maka Anda juga memiliki risiko terkena serangan penyakit ini.
Beberapa jenis makanan dapat memicu timbulnya penyakit asma, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Hindari junk food yang banyak mengandung MSG dan bahan pengawet, yang tidak sehat bagi tubuh.
Suhu terlalu ekstrim Kondisi udara yang terlalu dingin juga menjadi salah satu penyebab serangan asma. Lingkungan yang kotor Jika Anda menetap di lingkungan atau tempat kerja yang terkena paparan debu atau asap, maka risiko terkena penyakit asma semakin tinggi. Itulah pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bagi kesehatan tubuh.
Bahaya Asma Asma memiliki tahapan, mulai dari tahap ringan hingga berat. Serangan asma harus dicegah, karena mengabaikan beberapa faktor pemicu dapat menyebabkan kondisi makin buruk. Bahaya asma yang paling parah terjadi ketika tidur. Pada kasus asma akut dapat menyebabkan kematian. Menghindari faktor pemicu sangat penting untuk mencegah kambuhnya serangan asma. Di bawah ini adalah pantangan bagi penderita asma yang harus dihindari, untuk mencegah serangan penyakit :
1.   SERBUK SARI (POLLEN), serbuk sari pada bunga dapat membuat asma kambuh dengan sangat cepat. Jadi, jauhi bunga terutama bunga yang telah layu.
2.   PAPARAN DEBU dan AROMA MENYENGAT, salah satu musuh berat bagi penderita asma adalah debu. Jika debu masuk ke saluran nafas dapat menimbulkan reaksi alergi. Hindari lingkungan yang kotor dan berdebu. Bau menyengat dapat membuat saluran nafas menjadi lebih sensitif. Lendir yang berlebihan pada saluran pernafasan akan membuat penderita sulit untuk bernafas.
3. ASAP YANG MENGANDUNG NIKOTIN, sangat penting bagi penderita asma untuk menghindari paparan asap tembakau. Sedikit nikotin yang masuk ke paru-paru, dapat mengancam keselamatan jiwa. Larangan ini sebenarnya juga berlaku bagi ibu hamil, karena nikotin juga dapat meningkatkan risiko asma pada bayi.
4.   HEWAN BERBULU, jangan mendekati atau menyentuh hewan yang berbulu seperti kucing dan anjing. Bulu yang mudah rontok pada kucing dapat memicu penyakit kambuh. Pantangan asma termasuk menjauhi air liur dan kulit hewan.
5.  OLAHRAGA BERAT, olahraga memang disarankan bagi penderita asma, untuk melatih organ pernafasan. Namun jika terlalu berat, yang terjadi justru kelelahan dan kehilangan banyak energi. Kondisi ini sangat dilarang bagi pasien asma. Latihan berat dapat membuat penderita sulit untuk bernafas dengan nyaman. Lakukan olahraga ringan cukup selama 15 menit setiap hari dengan rutin.
6.   CUACA TERLALU DINGIN, perubahan, cuaca secara drastis dapat menyempitkan saluran pernafasan pada penderita asma. Hindari berada di luar ruangan ketika hari panas atau terlalu dingin.
7.   ASPIRIN, penggunaan aspirin secara terus-menerus dapat membuat kondisi pasien asma makin memburuk. Konsultasi dengan dokter, ketika Anda akan mengkonsumsi obat ini.
8. PERUBAHAN EMOSI SECARA DRASTIS, hindari perubahan emosi secara berlebihan, seperti terlalu khawatir, kecemasan, ketakutan, dan rasa gembira yang berlebihan. Stres berat juga dapat memicu serangan asma. Tekanan emosi yang kuat dapat meningkatkan denyut jantung dan pola pernafasan sehingga memicu serangan asma.
9. GARAM, mengkonsumsi garam dengan berlebihan tidak disarankan bagi penderita asma karena dapat memperburuk kondisi penyakit. Carilah bumbu pengganti yang lezat dan sehat.
10.MAKANAN TERTENTU, jauhi makanan yang dapat menimbulkan alergi. Makanan yang sering memicu alergi seperti susu sapi, telur, kacang, gandum, ikan, kedelai dan makanan yang berbahan pengawet.
Demikian cara mencegah asma dan pantangan yang harus dihindari oleh penderita.

SILAKAN BAGIKAN LINK DIBAWAH, JIKA ARTIKEL INI BERMANFAAT !!! TERIMA KASIH